Khasiat Jambu Biji

jambu biji Khasiat Jambu Biji

Jambu biji organik di halaman kami :)

Khasiat jambu biji ternyata banyak. Siapa kira jambu biji yang rasanya asam manis ini  berkhasiat tinggi untuk kesehatan tubuh kita !

Jambu biji (Psidium gujava) sering disebut jambu batu, jambu siki atau jambu klutuk. Berasal dari Brasil dan masuk ke Indonesia lewat Thailand.

Jambu yang dalam bahasa Spanyol disebut guayaba berkulit hijau dengan daging buahnya terbagi dua : Merah dan putih. Yang putih disebut jambu susu. Saya punya sebatang jambu susu di halaman rumah. Berbuah sepanjang tahun yang telah berjasa besar memasok vitamin pada keluarga kami. Rasa daging manis, garing dan tebal. Kalau dikunyah bunyinya krenye-krenyes bikin ketagihan.

Kandungan Nutrisi Jambu Biji

Pada tiap 100 gram mengandung 80 mg Vitamin C. Itu mengalahkan jeruk lho. Selain itu jambu biji kaya juga oleh Vitamin A serta tinggi serat.

Khasiat Jambu biji menyembuhkan Diare

Khasiat jambu biji tak hanya terletak pada buahnya. Waktu kecil  saya sering diminumkan rebusan air daun jambu biji kalau sedang diare atau sakit perut. Selain itu kami  juga sering disuruh mengunyah daun jambu muda ini dengan garam  kalau demam. Katanya untuk menghilangkan mual dan pusing.

Dalam buku Tanaman Obat Indonesia karangan Prof. H. Azwar Agus baru tahu mengapa nenek berbuat seperti itu. Ternyata daun jambu ini mengandung banyak zat kimia  yang dimanfaatkan untuk pengobatan. Diantaranya tannin, phenols, triterpen, flavonoid (quecertin), serat, minyak esensial, saponin, karetenoid, lektin dan asam lemak.

Nenek dan orang di kampung saya bukan satu-satunya masyarakat yang menggunakan khasiat jambu biji dalam mengatasi penyakit. Suku asli Bangsa Peru sudah menggunakan daunnya sejak ribuan tahun lalu. Sedangkan suku Indian Amazon sampak sekarang masih menggunakan daun jambu biji untuk mengebotai disentri, radang tenggorokan dan sakit saat menstruasi.

Saya tak mengerti dari mana orang jaman dulu dapat pengetahuan soal khasiat daun jambu klutuk ini. Nyatanya flavonoid (quecertin) pada daun itulah yang bersifat antibakteri, dan merilekskan usus (menghambat konstraksi). Yang pernah menderita diare pasti tahu gimana sakitnya kalau perut sedang melilit. Hebat deh mereka!

Jambu Biji / Klutuk dalam Farmakologi

Buah jambu biji masak  sering di curi kalong. Kalong secara intuitif ternyata tahu banyak sekali khasiat buah ini ya. Nah  menurut Pak Azwar lagi,  kalau kita konsumsi selama 12 minggu berturut-turut dapat menurunkan tekanan darah 8 mm, kolesterol total 9%, trigeliserida 8%, dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) 8%.

Sebuah penelitian di Brasil (2003) juga di kutip dalam buku ini. Ekstrak daun mempengaruhi irama jantung (aritmia), bersifat anti oksidan yang mempengaruhi perbaikan fungsi miokardium (istilah ini berhubungan dengan jantung:)) Ekstrak daun juga bersifat analgetik, sedatif, penenang syaraf  dan penekan batuk.

Ada yang punya pengalaman dengan jambu biji teman? Please share icon smile Khasiat Jambu Biji

Sumber : Tanaman Obat Indonesia. Prof. H. Azwar Agoes

 

Comments

  1. LJ says

    *duh, itu paraweh menggiurkan..

    ibuku merebus daun pepaya bersama dua lembar daun paraweh.. jika ada daun surian bisa ditambahkan.. dijamin daun pepaya gak pahit dan siap untuk dibikin anyang (urap)

    aku juga pernah bikin telur pindang dengan merebus telur bersama daun paraweh, dan segala bumbu lainnya.

    • says

      Telur pindang bersama daun paraweh itu bikin warnanya cantik May..Nah kalau itu ibuku yg melakukannya, secara telur gak favorit, jadi jarang bikinnya..

      Daun paraweh, pepaya dan surian jadi anyang? Nah ini baru untukku May..Secara seingat awak anyang orang Minang ituh daunnya biasanya minimalis hehehe..Oh daun sungkay enak ya di anyang..

  2. says

    di depan rumah hanya ada jambu air.. jambu kelutuk gini sudah jarang ditemukan di depan rumah. saya paling suka makan sama bijinya.. tapi katanya bisa buat usus buntu ya.. :)

    • says

      Orang jaman dulu emang ngomong begitu Mas. Tp sejak kecil sy makan jambu ini lengkap dng bijinya, alhammdulullah tuh gak kena usus buntu :)

  3. says

    Aduh itu jambunya, kebayang kriukkk saat mengunyahnya. Saya lebih suka yg setengah matang, lebih segar rasanya… :-)

    Ternyata selain menyegarkan, jambu biji kaya manfaatnya Mbak Vi..

  4. Bibi Titi Teliti says

    mbaaaa…
    jambu batu ituh baunya rada aneh ya mba? *selalu sensitip sma bau bau an…hihihi…*

    tapi Kayla doyan banget tuh mba, cuman aku gak bolehin makan bijinya sih, katanya bisa sembelit atau gimana gituh…itu beneran apa cuman mitos yah?
    gak jelas juga sih…

    • says

      Kalau untuk anak-anak seumuran Kayla biji jambu biji terlalu keras untuk usus mereka kali ya Bi. Walau seumuran Kayla dulu saya sdh ngegerogotin jambu biji mengkal yg numbuh di samping rumah dan gak ingat pernah sakit perut apa gak. Tapi perut anak kampung jaman dulu pasti beda lah dengan anak kota. Untuk amannya kalau ngasih Kayla atau Fathir jambu biji mending di jus saja..Dan mengenai sembelit, pasti ada benarnya juga. Lah tiap daunnya kan untuk obat diare :)

    • says

      Nah ini baru dengar. Yang sering saya dengar dulu cuma usus buntu. Apa bijinya lari-lari ke ginjal ya hahaha..Tapi orang jaman dulu juga melarang anak2 makan ikan, katanya takut cacingan. Kesimpulan sementara aku itu akal-akalnnya Belanda memperbodoh kita. Anak2 yg di kasih makan ikan kan lebih cerdas. Dan orang cerdas kan susah diatur ..:)

  5. says

    ternyata banyak sekali manfaat dari jambu biji ini, saya taunya hanya untuk pengobotan kalau sakit perut saja..
    sayang dua jambu klutuk saya tebang yang ungu dan yang susu sekarang tinggal satu yang merah hehe.. tapi ini juga ada rencana di tebang lagi soalnya hampir di setiap buahnya kalau sudah matang suka ada sejenis belatung di dalamnya padahal bagian kulinya mulus tanpa ada cacat…

  6. bintangtimur says

    Saya paling suka jambu biji yang sudah diolah jadi manisan kayak yang dijual di kota Medan itu, mbak Evi…
    Kandungan vitaminnya pasti udah berjurang ya, diganti dengan kandungan gula yang amat sangat tinggi.
    Di rumah masa kecil saya di Bandung, saya juga pohon jambu biji. Daging buahnya merah dan kulitnya harus berwarna kuning dulu baru boleh diambil…rasanya memang enak, seger, manis dan eksotis :)

    • says

      Manisan jambu biji emang enak Mbak Irma. Memang begitu lah, kalau manisan kayaknya kita cuma menikmati mumi-nya saja hehehe..sementara zat gizinya sdh hilang entah kemana kecuali tinggal gula. Sekarang emang jarang tumbuhan kayu keras tumbuh depan rumah ya. Mungkin karena ruma sekarang di bangun dengan sistem kompleks, jadi lahannya tak cukup untuk tumbuhan berkayu. Kalau di rumah saya nanamnya di pot lalu akarnya cari jalan ke dalam tanah. Ya sdh dibiarin saja sampai akhirnya berbuah sepanjang tahun seperti sekarang

  7. mechta says

    saya juga suka jambu biji, mbak.. apalagi yg ukuran kecil & berdaging buah merah…menurut saya lebih manis rasanya.. :)
    di makan begitu saja / dibuat jus…hayuu… :D

    • says

      Jambu biji khasiatnya paling tinggi, katanya, kalau digerogotin Mbak Mechta. Kalau yg di jus seratnya jadi rusak. Tapi tetap lebih baik minum jusnya ketimbang tidak sama sekali :)

  8. says

    Dihalaman belakang rumah juga ada jambu ini (kami menyebutnya jambu beras), selain buahnya, sering memanfaatkan buah muda dan daunya untuk mengurangi sakit perut dan menghentikan diare.

    • says

      Jambu biji di halaman rumah, jika berbuah, secara tak sadar menambah gizi untuk keluar ya Pak Aldy..Disamping daunnya yg bisa di manfaatkan untuk obat dan masak :)

  9. Diandra says

    mbaaaa……
    jambunya bikin ngiler
    udah lama banget aq gak makan jambu biji
    paling seringnya yg udah di juice
    itu….uenak banget

    • says

      Hayo atuh besok-besok beli jambu klutuk Mbak Dian, biar petani jambu kita semakin bergairah nanamnya. Vitaminnya lebih tinggi dari jeruk lho :)

  10. Faizal Indra Kusuma says

    Senjatinya, sedari dulu aku kecil aku suka banget makan jambu biji. Apalagi kalo mateng, uhhh enak banget. Sayang sekarang udah ga aku temui di belakang rumah :( kangen #lebe

  11. says

    Dulu waktu masuk SMP, aku diajarin mamaku untuk maskeran pake daun jambu biji yang masih muda, mbak, daunnya diulek sampe halus trus dipakein ke muka, katanya biar kulit halus dan jerawat gak gampang mampir. Puji Tuhan sampe sekarang memang jerawat jarang banget mampir di sini :D

    Iya tuh mbak, aku juga suka salut banget sama nenek moyang kita yang pinter banget menentukan mana tanaman obat, mana tanaman bumbu, mana yang beracun, mana yang berkhasiat. Walo gak diketahui lagi siapa penemunya, tapi sebenarnya penemuan khasiat dari masing-masing tanaman adalah salah satu jenis penemuan terbesar sepanjang masa ya mbak :D

    • says

      Masker dari daun jambu biji? Wah tambahan informasi yg keren nih. Nanti mau aku coba untuk anak2 ah, soalnya satu dua biji jerawat suka nempel di pipi dan jidat mereka. Thanks Jeng Alissa.

      Nah itu yang bikin kagum, kepandaian mereka mengamati alam. Skill itu mungkin di dapat melalui try and eror. Yang beruntung kita tinggal memanfaatkannya saja sekarang :)

  12. lorens says

    telaah tentang kekayaan hayati yang ada disekitar kita seperti supermarket besar dan semua tersedia bagi kehidupan, disertai dengan pengetahuan asli (kearifan) dan pengalaman menggunakannya…mari lestarikan kecintaan terhadap produk alami dan endemik

    • says

      Hm yah, kita hidup di lingkungan supermarket besar yang menunjang penghidupan. Apa ya yang tiba-tiba membuat kita jadi rakus dan mengekploitasi supermarket itu sampai merusaknya Bang Lorens?

  13. bunda lily says

    jambu biji , jambu batu ….selain enak juga bermanfaat banyak ya Vi …..
    seperti eMak LJ bilang …
    dikampuang awak lai baguno untuak maabuih daun papaya , jadi ilang paiknyo….. :)
    salam

    • says

      Ooo fungsi daun jambu biji untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya ya Bun? I see. Thanks atas tambahan pengetahuannya Bun :)

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge