Bawang Putih Tunggal, Bawang Lanang, Dasun Tunggal

 Bawang Putih Tunggal, Bawang Lanang, Dasun Tunggal

Bawang Putih Tunggal

Bawang putih tunggal atau bawang lanang mengingatkan saya pada peribahasa lama tentang  kecantikan seorang gadis. Pipinya bak pauh dilayang, alisnya bak semut beriring, dagunya bak lebah bergantung dan hidungnya bak dasun tunggal. Dalam bahasa Minang atau bahasa Melayu, bawang putih disebut Dasun. Dan hidung yang bak dasun tunggal itu lancip alias mancung dan indah bentuknya.

Bawang Putih Tunggal Kaya Khasiat

Terlepas dari peribahasa diatas, bawang putih secara umum berfungsi untuk melezatkan masakan. Sementara bawang tunggal selain digunakan sebagai bumbu dapur  digunakan juga untuk pengobatan. Di dalam umbinya terkandung minyak atsiri. Salah satunya bernama asilin. Zat asilin berkhasiat sebagai anti septic yang dipercaya 15 kali lebih kuat dari anti septic yang terdapat dalam penisilin.

Sedang khasiat lain untuk mencegah kanker, mengobati flu, menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam darah, dan mengontrol penyakit diabetes. Yang bikin teman saya heboh ketika tahu bahwa bawang putih tunggal juga berjaya mempertahankan daya tahan sex. Dan saat sama-sama kami cari tahu lewat paman Google, cerita kenjantanan nyeleneh itu terbukti benar. Setidaknya ada yang menuliskan bahwa  kaisar China kuno sudah menggunakan untuk melayani para selirnya. Selir Kaisar jumlahnya ratusan lho icon smile Bawang Putih Tunggal, Bawang Lanang, Dasun Tunggal

Bawang Lanang Sebagai Jimat

Waktu kecil saya dan saudara-saudara biasa menggunakan kalung jimat. Bentuknya kantong kain kecil segi empat yang buat kalung benang yang dipilin. Kantong kain itu  berisi bawang putih tunggal dan peniti. Ada rempah pula rempah lain. Namun saya sudah tak ingat lagi. Sebelum dijahitkan dalam kantong, benda-benda tersebut terlebih dulu didoakan oleh seorang dukun. Tujuannya untuk mengusir kekuatan jahat bernama Palasik yang suka menghisap darah bayi dan anak-anak.

Bawang putih sebagai jimat bahkan masih saya temui hingga dewasa. Kalau teman bertemu dengan ibu hamil di kampung-kampung kebanyakan mereka masih menggunakannya. Kantong bawang putih itu disemat peniti di belakang baju dekat BH. Saat hamil saya tak menggunakannya. Bukan gak percaya tapi karena seluruh keluarga saya sudah meninggalkan  tradisi tersebut. Untuk teman-teman masih ada melakukannya.

Punya pengalaman tentang bawang putih yang digunakan sebagai jimat, teman?

@eviindrawanto

Gula Aren untuk herbal atau menjaga kesehatan klik di sini

Comments

  1. LJ says

    hehhee.. dasun tungga yang dijahitkan ke dalam kain trus dijadikan kalung.. semoga tidak ada lg yang menggunakan dasun tungga sbg ‘tuhan cadangan’ utk menjaga anak2 dr palasik. krn menurutku palasik itu sendiri adalah prasangka..

    mari gunakan bawang putih dengan ilmu, Allah sudah kasih khasiat super di dalamnya.. pelajarilah dan manfaatkan.. smoga ibu2 di kampung makin pintar ya un.. aamiin.
    LJ recently posted..LJ [whatever] Photo Challenge: DelicateMy Profile

    • says

      Mungkin jimat dasun tungga itu peninggalan dari kepercayaan animisme ya May. Walau sekarang jarang terlihat, mungkin seiring peningkatan keterpelajaran orang Minang, di jaman aku kecil biasa melihat anak kecil berkalung jimat. Dari sudut agama ini bagus, dari sudut budaya agak menyedihkan :)

  2. says

    Di Samarinda ada kecap asin cap bawang tunggal. Saya gak tau, apakah di dalam kecap itu ada kandungan bawang tunggalnya atau gak…
    8-)

    • says

      Nenek moyang kita walau tak membuat penelitian ternyata pandai mencium khasiat tumbuhan sekitar mereka. Pasti dari proses coba2 dan melihat reaksinya. Kekurangan mereka hanya tidak mencatatnya dan sebaran pengetahuan cuma dari mulut ke mulut.

      Yang memeras rasa ingin tahu saya adalah mengapa mereka juga menggunakan bawang putih tunggal untuk menangkal ganguan mistik pada anak2?

  3. says

    Saya baru tau kalau isinya kain hitam itu adalah bawang putih :D
    Alhamdulillah saya gak pernah dipakein jimat oleh orang tua saya. Cuku dibacakan do’a setiap beliau sholat dan setiap memandikan saya :)
    kakaakin recently posted..Topeng MonyetMy Profile

  4. says

    rasanya saya pernah mendengar cerita tentang bawang yang dipakai sebagai jimat. Yang paling ingat tentang bawang adalah cerita Bawang putih bawang merah. Mungkin mereka sepupuan sama bawang putih tunggal … :D
    Wong Cilik recently posted..MilestoneMy Profile

  5. says

    terakhir baca ttg masyarakat di satu tempat yg diajurkan utk masang bawang putih did epan rumah mereka agar nggak dimasukin Vampir mbak, entah bener apa tidak pad akenyataannya
    Ely Meyer recently posted..1001 TetanggaMy Profile

  6. Djangan Pakies says

    saya pernah memosting bawang lanang ini Bun, dan membuat ‘ramuan’ bawang lanang siung tunggal yang direndam dengan madu. Dengan direndam madu, rasa ‘getas’ khas bawang menjadi jauh berkurang bahkan rasanya bisa mirip kacang. Hanya saja setelah mengkonsumsi ini, bau tubuh saya menjadi khas dan nggak enak, apalagi kalo masuk ke masjid. Maka saya menghentikan mengkonsumsi ini. Resep saya dapat dari eorang teman.
    djanganpakies (dot) com/2011/08/bawang-lanang-plus-madu.html. URLnya saya tambahin dot biar nggak nyepam.
    Djangan Pakies recently posted..Air Mata Pancuran SurauMy Profile

  7. applausr says

    kalau dimakan mentah suka menimbulkan bau badan.. hehehe.. tapi khasiat banget. dari kecil sudah diajari makan mentah…

    kalau sebagai jimat belum tahu tuh…. mungkin buat nahan kebelakang bisa tidak ya? :)
    applausr recently posted..Makan Ga Makan Asal NgumpulMy Profile

  8. Bibi Titi Teliti says

    eh dipake jimat yah mba?

    aku cuman tau kalo di pelm pelm horor gitu emang suka dipake buat ngusir hantu…hehehe…
    dulu pas abis lahiran Kayla juga mama nyuruh aku bawa bawang putih…tapi akunya malesan…hihihi…

    yah, palingan buat masak nasi goreng aja aku mah mba :)

    • says

      nambah satu lagi kegunaan bawang lanang dalam dunia mistik. Jadi tuyul takut pada bawang lanang mbak irma. Thanks atas sharingnya

  9. zumi says

    Saya jg pke soalnya takut beby kenapa2 kata orng didaerah saya rawan kuyang mau gk mw bnyk bawang putih tungal drumah
    ———-
    Begitu ya Mbak Zumi. KUyang itu apa? :)

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge