Matahari Terbit

matahari terbit Matahari Terbit

Saat Matahari perlahan naik dari kaki langit

 

Matahari terbit merupakan salah satu objek alam yang paling sering diabadikan para pejalan. Berbeda dengan matahari terbenam, matahari terbit agak spesial. Soalnya suasana lebih khusuk. Maklum kebanyakan orang masih tidur, jadi alam sekitar  terasa hening. Belum lagi udara dinginnya.

Saat matahari mulai merambat ke atas kita seperti melihat sebuah senter raksasa menyala perlahan.Muncratan cahaya jingga yang menerangi alam sekitar membuat siapapun yang pegang camera ingin memotret. Bahkan tak sedikit yang ingin jadi pujangga.Saya pun ingin berpuisi saat itu, tapi tak kunjung keluar. Jadi mengutip penyair yang sudah mapan saja, Rumi. Bapak penyair sufi ini memotret dalam jiwanya suasana matahari terbit sebagai titik pertemuan antara makhluk dengan Tuhannya. In the early morning hour, just before dawn, lover and beloved wake and take a drink of water.

Tak hanya Rumi, Ibnu Battuta, muslim traveler yang hidup pada tahun  1304 – 1368 ikut mengabadikan matahari terbit dalam suatu kisah perjalanan. Saat itu Battuta sedang berada di Sri Lanka dan  berziarah ke Adam’s Peak (Puncak Adam), sebuah gunung yang disucikan baik umat Hindu, Budha maupun muslim, Kristen dan Yahudi. Tiga agama wahyu yang terakhir itu menganggap cerukan besar pada puncak Adam’s Peak sebagai jejak pertama Nabi Adam  mendarat di bumi, sebelum  bertemu Siti Hawa di Padang Pasir Arab.

Nah Battuta mengabadikan pengalamannya seperti ini : “But God, pitying our tears, lighted it up one morning just before the sun rose, so that we beheld glowing with the brightest flame”.

 Matahari Terbit

Matahari terbit maupun matahari terbenam akan mempesona sipapun. Jadi siapa diantara temans yang takan melewatkan kesempatan untuk memotretnya?

@eviindrawanto

Turnamen foto perjalanan ronde ke- 22 : Matahari

Comments

    • says

      Memotret pemandangan indah atau suasana indah, tak harus dengan camera Mbak Niken. Tapi dengan kata-kata seperti yg dilakukan Rumi dan Ibnu Battuta, gambarannya bisa kita lihat lewat mata batin :)

  1. says

    Mbaaak, aku suka banget sama matahari terbit, makanya selalu berusaha bangun pagi, walau tidur selarut apa pun :)
    eh namanya ibu-ibu mana bisa bangun siang ya:D
    Tapi aku nggak pernah berhasil memotret matahari terbit yang cantik seperti hasil bidikanmu itu lho:(
    ajari aku, ajari aku:D
    Indah Juli recently posted..Senandung AlamMy Profile

    • says

      Tapi aku tak bisa membuat puisi cantik tentang alam seperti dirimu, Mbak Indah..Hehehe..kalau gitu mari kita barter..

  2. Pakies says

    Setiap saya pulang kampung di lereng timur gunung semeru, moment matahari terbit selalu saya nanti karena ia memberikan keindahan yang mempesona, bagian pucuk semeru akan nampak seperti keemasan, subhanalloh. Begitu sangat bersemangatnya saya selalu menanti kesempatan baik karena tidak jarang puncak semeru tertutup asap dan awan dan sangat jarang sekali dalam kondisi bersih apalagi matahari terbit nggak terlalu lama memberikan keindahan puncak semeru
    Pakies recently posted..Ilmu itu mahal Pak …My Profile

    • says

      Kapan ya saya bisa melihat Semeru pas terkuak dalam cahaya fajar..Pakies beruntung nih..Di kampung saya belum pernah melihat kemunculan matahari dari balik gunung, karena biasanya berkabut :)

  3. LJ says

    mentari pagi menjanjikan harapan baru ya un.. Allah selalu beri pemandangan dramatis ini setiap fajar menjelang.. tinggal kita, mau menyambut atau tidak.

    foto2 uni selalu indah dan bermakna.. :)

    • says

      Ya May bahwa keistimewaan lain dari matahari pagi adalah dia merupakan simbolisasi dari harapan. Berbeda dengan matahari senja sebagai simbolisasi akhir kehidupan, walau dua-duanya sama-sama romantic untuk dipandang :)

  4. says

    Indah nian foto-fotonya Bun :)
    Jika dalam perjalanan selalu ingin mengabadikan matahari terbit atau tenggelam ..
    Ada suasana lain di daerah setempat yang kita abadikan selain foto mataharinya juga.
    Trims ..
    Salam

    • says

      Yah..Masih jauh dibawah standar Kang Yayat hehehe, Anyway makasih Kang..
      Bendatangi suatu tempat selain mataharinya kita akan berjumpa dengan tanahnya beserta pernak-pernik kehidupan yg berlangsung diatasnya :)

  5. Social Bookmarking Indonesia says

    suka banget sama poto matahari terbit atopun terbenam
    suasananya begitu syahdu..sendu.. gemana getoo :D

    • says

      Nah paling seru kalau melihat matahari terbit atau tenggelam ini pas kita lagi sendirian atau sedih, Cik..Kayaknya gemana getoo-nya bisa dua kuadrat hehehe..

    • says

      Terima kasih Mbak Prih..Kalau saja pemandangan selalu seperti ini terlihat dari rumah saya, pasti sudah jadi pujangga hehehe..

  6. says

    indah sekali fot matahari terbitnya Mbak Evi. Rasanya aku beberapa kali berusaha memotret matahari terbit, tapi rasanya nggak punya foto yang seindah ini.
    Tapi setuju banget, matahari terbit memang memberikan kekhusukan tersendiri ya.. aku pernah sekali melihatnya dari puncak Gunung Batur, di Kintamani dan entah kenapa rasanya seperti tersadar dan sungguh merasa bersyukur dan sangat berterimakasih atas apa yang telah diberkahkan kepadaku selama ini…
    Ni Made Sri Andani recently posted..Ikan Sapu-Sapu Yang Meloncat Di Permukaan Air Kali.My Profile

    • says

      Sepertinya keindahan alam selalu memancing sesuatu dari dalam jiwa kia Mbak Dani. Mungkin karena karena DNA kita menyimpan jejak dari petualangan alam nenek moyang kita ya..Dan bersyukur bahwa mereka mewariskan kita planet yg begini indah :)

    • says

      Matahari dari balik hutan beton, apa lagi di sambil rentangan kabel sana-sini, mendatangkan keruwetan Mas Krish hehehe..

    • says

      Kalau komposisi di dekat panggung dangdut bagus, pasti bagus lah, Mas. Alhamdulillah aku baik. Terima kasih. Dirimu juga kan?

    • says

      Kebiasaan memotret dan bawa ponsel bercamera kemana-mana bikin kita jadi sensitif dengan berbagai keindahan alam, Pak Azzet. Mari kita berburu sunset atau sunrise dari mana saja..

  7. says

    selama matahari masih dengan setianya terbit dari timur ke barat, dan sinarnya menggantikan gelapnya malam………..selama itu pula harapan akan tetap ada

    • says

      Betul sekali Mas Fani. Kesombongan kita langsung takluk kalau sdh berhadapan dengan kebesaran alam. Saat itu Allah memperlihatkan diri-Nya dalam wujud keindahan :)

    • says

      Iya saya juga jarang, Pak Indra. Ini pas kebetulan sedang berada di tepi laut saja dan kayaknya juga ada faktor keberuntungan :)
      Salam wisata..

  8. says

    Betul mbak Evi.. menyaksikan mentari terbit / tenggelam membuat tangan atel ingin mengabadikan… apa daya kemampuan kurang..hehe… Menyaksikan terbitnya mentari seakan mengingatkan kita untuk makin semangat menjalani hari…
    Dan, fotonya cantik2 mbak.. as always.. :)
    Mechta recently posted..Menikmati indahnya Bromo di suatu pagiMy Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge